Manipulasi foto danau

Dalam materi kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial diPhotoshop yakni memanipulasi sebuah foto. Dimana foto yang kita edit bisa lebih baik atau lebih buruk dan hancur. Di Bab ini saya akan mencoba untuk memanipulasi sebuah foto danau. untuk mengetahui tahap-tahapnya silakan anda simak tutorialnya Dibawah ini:

Pertama-tama kita memilih salah satu gambar yang akan diolah, sebagai contoh saya mengunakan gambar dibawah ini :

11-300x224

Langit dari gambar diatas sangat monoton dan akan kita tambahkan sunrise agar lebih menarik. Langkah-langkah memanipulasinya adalah sebagai berikut :
1. Sebelum kita tambahkan sunrise, gambar tersebut kita perbaiki terlebih dahulu dengan menggunakan level, curve, usm dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan. Biar tampak lebih Buaaagus!!
2. Ambil gambar sunrise yang akan kita adopsi pada gambar diatas, pada contoh ini saya pakai gambar berikut :

21-300x224

3. Gambar sunrise diatas lalu kita crop sesuai dengan kebutuhan. Misalnya kita hanya membutuhkan bagian awannya saja. Maka yang kita Crop hanya bagian awannya saja.

4. Masukkan gambar yang telah di cropping kedalam master gambar dengan cara :
a. Buka kedua gambar tersebut diatas
b. Pilih “Move Tool” pada menu Photoshop.
c. Arahkan cursor pada menu gambar sunrise dan tekan mouse (jangan dilepas) lalu arahkan cursor pada gambar pertama (Master) lalu lepaskan mouse (Click & drag).
d. Setelah kita melakukan point c diatas maka gambar sunrise akan menjadi ‘layer 1’ pada pada master gambar, lalu geser-geserlah gambar sunrise sehingga pas pada posisi yang diinginkan.
e. Pada submenu layer pilihlah ‘multiply’ dengan opacity disesuaikan dengan gambar, dalam hal ini opacity yang saya gunakan 60%, sehingga didapat gambar sebagai berikut :

31-300x224

5. Setelah kita dapatkan gambar yang diinginkan, lalu gambar tersebut kita gabungkan secara permanen dengan memakai ‘Flatten Image’ (pada submenu LAYER).
6. Ambil gambar sunrise yang sudah di cropping lalu kita balikkan secara vertical dengan cara : Klik ‘image’ pada menu Photoshop lalu ‘Rotate Canvas’, arahkan cursor pada ‘Flip Canvas Vertical’ .

6. Lakukan langkah-langkah pada point 4 untuk memasukkan gambar sunrise terbalik kedalam master gambar dengan opacity yang lebih kecil, dalam hal ini saya memakai 50% (Saya berasumsi bahwa bias didalam air akan tampak lebih kabur dari gambar aslinya, sehingga opacity harus dikecilkan) sehingga kita dapatkan gambar sbb :4

7. Setelah itu kita tinggal memperindah gambar tersebut dengan menggunakan level, curve, usm di-adjust sesuai dengan selera kita masing-masing, setelah itu tinggal memberi frame dan menyesuaikan image sizenya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: