Efek warna

51Nih………., kali ini kita akan buat sebuah foto yang akan tampak lebih mengesankan dengan perubahan warna nya……!!## mau tahu nggak caranya…..!! nih Aq kasih tau caranya……:

1. Buka file yang akan diolah, dalam hal ini saya menggunakan gambar seperti dibawah ini:

1-150x150

2. Lakukan edit level sesuai selera.
3. Langkah selajutnya adalah kita akan melakukan pewarnaan / perubahan warna sesuai dengan yang kita inginkan.

4. Duplicate layer dengan cara clik kanan di layer yang akan di-duplicate (dalam hal ini layer background).
5. Akan keluar pilihan untuk memberi nama layer, terserah Anda ingin menamakan apa, tapi saya sarankan untuk menamakan sesuai dengan warna (misal jika kita ingin melakukan pewarnaan hijau, beri nama hijau pada layer yg bersangkutan). Penamaan layer ini tdk harus.

2-300x129

6. Masih di layer yang baru, pilih Image, Adjustment, Color Balance (cara cepat Ctr + B)
7. Geser ke kiri atau ke kanan untuk mendapatkan warna yang diinginkan, Pilih juga yang akan dirubah Shadows, Midtones, atau Highlights. Jangan takut melakukan beberapa experiment. Jika sudah mendapatkan warna yang diinginkan click ok.
8. Masih di layer yang aktif, pilih Layer Mask, lalu gunakan brush tool untuk menghilangkan bagian-bagian yang tdk disukai. Untuk menghilangkan, foreground harus berwarna hitam, untuk mengembalikan foreground berwarna putih. Lihat gambar.

3-300x179

4-300x210

Gambar dibawah ada jika hanya layer orange yang diaktifkan, sebagian tdk berwarna orange karena dihilangkan menggunakan Layer Mask.

51

9. Lakukan langkah 4-8 untuk beberapa warna lainnya.
10. Setelah selesai dengan semua warna yang kita inginkan, lakukan Flatten Image, dengan cara, click tanda panah dibagian kanan atas, pilih Flatten Image.
11. Kita sudah mencapai tahap akhir pewarnaan. Langkah selanjutnya adalah membuat gambar menjadi soft. Saya menggunakan program NeatImage, jika tdk ada dapat menggunakan Gausiaan blur yang ada di filter Photoshop, saya menggunakan 0.3 pixel.
12. Kita akan membuat gambar lebih tajam dengan cara menggunakanUnsharp Mask, dengan cara, pilih Filter, Sharpen, Unsharp Mask. Untuk nilainya terserah selera masing-masing.
13. Langkah terakhir adalah menggunakan Burn/Dodge Tool, silahkan di Burn/ Dodge area mana saja yang kita inginkan, tergantung selera.

Kira-kira setelah beberapa layer “dipermak” akan terlihat seperti ini:

6-150x1507-150x119

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: